electric-vehicle

Mendefinisikan Ulang Pengalaman Berkendara EV Berperforma Tinggi dengan IONIQ 6 N

Jumat, 19 Desember 2025 | 03:56 WIB
Pengalaman berkendara EV berperforma tinggi dengan IONIQ 6 N di sirkuit

OTO.VIRALNEWS.ID - Sejak debut di Goodwood Festival of Speed pada Juli lalu, Hyundai IONIQ 6 N telah menarik perhatian para penggemar otomotif yang penasaran merasakan langsung sensasi mengendarai EV berperforma tinggi ini.

Minggu ini, antusiasme itu menjadi nyata. Hyundai Motor Company (Hyundai Motor) menyambut media internasional di Korea International Circuit, Yeongam, untuk kesempatan pertama menjajal IONIQ 6 N hingga batas maksimalnya, sebelum model ini meluncur di pasar global pada awal 2026.

IONIQ 6 N dirancang untuk memberikan sensasi mengemudi yang tak tertandingi, dengan tiga pilar filosofi Hyundai N: Corner RascalRacetrack Capability, dan Everyday Sportscar. Visi ini memadukan performa optimal di lintasan dengan kemampuan penggunaan sehari-hari, menetapkan tolok ukur baru bagi EV berperforma tinggi.

Melanjutkan pencapaian teknis dari IONIQ 5 N yang sudah diakui, IONIQ 6 N hadir dengan desain dan fitur yang lebih fokus pada karakter N, dan sejumlah fitur canggih untuk presisi dan keterlibatan yang lebih tinggi.

Dioptimalkan khusus untuk mengemudi intensitas tinggi, kendaraan ini mengintegrasikan perangkat keras baru yang dikembangkan dan perangkat lunak cerdas untuk memastikan kemampuan, kontrol, dan daya tahan maksimal di sirkuit 

Inovasi teknis utama meliputi geometri suspensi yang sepenuhnya didesain ulang untuk penanganan yang superior, sistem N e-Shift (perpindahan gigi virtual) yang ditingkatkan dengan rasio gigi yang lebih pendek, dan sistem N Active Sound+ yang disempurnakan yang dicapai melalui perangkat keras yang ditingkatkan dan penyetelan akustik yang cermat — semuanya berkontribusi pada pengalaman berkendara yang lebih menarik dan imersif.

Corner Rascal: Kelincahan yang Memacu Adrenalin di Ruas Jalan dan Sirkuit

IONIQ 6 N menghadirkan presisi menikung yang luar biasa, berkat kombinasi geometri suspensi canggih dan sasis yang dirancang ulang untuk pengendalian superior.

Peredam Stroke-sensing Electronically Controlled Suspension (ECS) dan roll center yang lebih rendah bekerja bersama untuk meningkatkan cengkeraman dan stabilitas, memberikan performa yang meningkatkan rasa percaya diri di jalan yang bergelombang maupun sirkuit yang menantang.

Geometri suspensi yang ditingkatkan tidak hanya menurunkan roll center untuk stabilitas maksimal di batas kecepatan tinggi, tetapi juga menggunakan bushing baru agar pengendalian tetap tajam dengan kenyamanan yang lebih halus.

 Electronic Limited Slip Differential (e-LSD) secara aktif mengatur torsi roda, meningkatkan traksi dan performa secara keseluruhan.

Sementara itu, peningkatan pada kekakuan poros, presisi kemudi, dan peredaman mount turut meredam getaran sekaligus meningkatkan kenyamanan berkendara yang lebih mantap dan stabil di berbagai kondisi jalan.

Peningkatan aerodinamika, seperti sayap belakang tipe swan neck ala motorsport dan fender yang lebih lebar, menghadirakn downforce yang meningkat sekaligus mencapai koefisien hambatan hanya 0,27 Cd, memastikan stabilitas pada kecepatan tinggi yang memperkuat tampilan agresif IONIQ 6 N yang siap di lintasan.

Kekakuan bodi telah ditingkatkan melalui titik pengelasan tambahan, lem khusus, dan penguatan struktural.

Halaman:

Tags

Terkini