OTO.VIRALNEWS.ID - Daihatsu akhirnya resmi memasarkan kendaraan elektrifikasinya, Rocky Hybrid, di Indonesia melalui ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025. Sebelumnya, model ini lebih dulu diluncurkan di Jepang pada November 2021.
Chief Engineer Product Planning Division Daihatsu Motor Co., Ltd., Hiroyuki Tokura, menjelaskan bahwa pengembangan Daihatsu Rocky e-Smart Hybrid dilakukan secara mandiri dengan filosofi efisiensi dan kecerdasan teknologi.
Menurutnya, istilah “e-Smart” memiliki dua makna: huruf “e” mewakili electrification, sedangkan “smart” melambangkan efficiency sekaligus kecerdasan dalam menghadirkan mobil hybrid berkualitas tinggi namun tetap terjangkau.
“Daihatsu Rocky e-Smart Hybrid sepenuhnya digerakkan oleh motor listrik, sedangkan mesin bensin berfungsi sebagai pembangkit daya untuk baterai. Dengan demikian, pengemudi dapat merasakan sensasi berkendara seperti mobil listrik tanpa perlu melakukan pengisian daya eksternal,” jelas Tokura, dalam sesi penjelasan di kantor pusat Daihatsu, Osaka, Jepang, Selasa (28/10/2025).
Tokura menambahkan, sistem hybrid pada Rocky memiliki mekanisme berbeda dari teknologi hybrid umumnya.
Jika pada sistem seri-paralel mesin berperan ganda sebagai penggerak dan pembangkit daya, maka Rocky Hybrid menggunakan sistem series murni, di mana mesin hanya berfungsi sebagai generator untuk motor listrik.
“Pada sistem Hybrid Series, mesin bensin hanya digunakan untuk menghasilkan tenaga bagi motor listrik. Desain ini lebih sederhana dan ringkas dibanding sistem hybrid lain,” ujar Tokura.
Ia menambahkan, sistem series tersebut dirancang untuk memberikan efisiensi bahan bakar optimal pada kecepatan rendah hingga sedang, menjadikannya cocok untuk kendaraan kompak yang sering digunakan di wilayah perkotaan.
Lebih lanjut, Daihatsu juga mengungkap tiga komponen utama yang mendukung efisiensi Rocky Hybrid, yakni mesin, sistem transaxle, dan baterai. Mobil ini menggunakan mesin 1.200 cc WA-VEX tiga silinder yang dikembangkan khusus untuk kendaraan hybrid, dengan efisiensi termal mencapai 40 persen.
Sistem transaxle pada Rocky Hybrid dirancang lebih ringan dan ringkas, menggabungkan dua motor sejajar sebagai pembangkit dan penggerak. Hasilnya, mobil ini memiliki radius putar hanya 5 meter, memberikan kemampuan manuver yang baik di jalan perkotaan dan area sempit.
Sementara itu, baterai lithium-ion berkapasitas 4,3 Ah dengan daya 0,74 kWh ditempatkan di bawah kursi belakang. Desain ini membuat ruang kabin dan bagasi tetap luas, meski menyimpan komponen elektrifikasi.
Menariknya, kapasitas daya baterai Rocky Hybrid disebut enam kali lebih besar dibanding mobil lain di kelasnya, bahkan setara dengan SUV hybrid berukuran medium.
Dengan kombinasi mesin hemat energi, sistem penggerak efisien, dan baterai bertenaga tinggi, Daihatsu optimistis Rocky Hybrid menjadi pilihan baru bagi konsumen Indonesia yang menginginkan mobil ramah lingkungan tanpa perlu repot melakukan pengisian daya listrik.