OTO.VIRALNEWS.ID - BYD semakin menunjukkan dominasinya di pasar mobil listrik Indonesia. Merek asal Tiongkok ini hadir dengan strategi agresif melalui peluncuran berbagai model, mulai dari Dolphin, Atto 3, Seal, Sealion 7, M6, hingga model dari lini premiumnya, Denza D9.
Presiden Direktur PT BYD Motor Indonesia, Eagle Zhao, mengungkapkan bahwa total pengiriman mobil listrik BYD di Tanah Air telah mencapai 30 ribu unit, termasuk unit dari sub-brand Denza.
“BYD dan Denza kini menguasai 52,6 persen pasar mobil listrik di Indonesia,” ujarnya saat ditemui di kawasan Lido, Sukabumi, Jakarta Barat, belum lama ini.
Mengacu pada data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), pencapaian ini terlihat dari penjualan wholesales BYD yang sangat dominan. Selama periode Januari hingga Mei 2025, BYD telah mencatat pengiriman sebanyak 30.774 unit, dengan kontribusi gabungan dari BYD dan Denza sebesar 15.987 unit.
Model BYD M6 menjadi kontributor terbesar dengan penjualan 5.408 unit, diikuti Sealion 7 sebanyak 4.388 unit, serta Denza D9 yang mencatatkan angka 3.965 unit. Sementara itu, BYD Seal mencatat 931 unit, Atto 3 sebanyak 896 unit, dan Dolphin hanya 390 unit.
Tak hanya unggul secara angka, BYD M6 juga telah menunjukkan performa luar biasa selama satu tahun kehadirannya di Indonesia. Diluncurkan pada Juni 2024, M6 mencatat penjualan wholesales sebanyak 10.100 unit hingga pertengahan 2025.
Sebagai MPV listrik pertama BYD di Indonesia, M6 mendapat respons positif dari konsumen. Berkat pendekatan yang berfokus pada pelanggan, keterlibatan aktif dengan komunitas, serta komitmen terhadap keberlanjutan, BYD optimistis M6 akan terus menjadi pilihan utama di segmen MPV listrik Tanah Air.