OTO.VIRALNEWS.ID — Setelah mencatat sukses besar di GIIAS Jakarta, Surabaya, Semarang, dan Bandung, BYD Motor Indonesia melanjutkan langkah ekspansinya ke kawasan timur lewat keikutsertaan di GIIAS Makassar 2025 yang berlangsung 5–9 November di Summarecon Mutiara Makassar Convention Center.
Langkah ini menjadi bagian dari strategi BYD untuk memperluas penetrasi kendaraan listrik (EV) hingga ke luar Pulau Jawa.
Hingga Oktober 2025, BYD bersama sub-brand DENZA telah mencatatkan penjualan lebih dari 37.800 unit dan menguasai lebih dari 50 persen pangsa pasar EV nasional.
“Pencapaian ini mencerminkan kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap kendaraan listrik sebagai bagian dari gaya hidup baru yang efisien dan berkelanjutan. Kami berkomitmen menghadirkan inovasi dan memperluas akses masyarakat terhadap mobilitas hijau, dari barat hingga timur Indonesia,” ujar Eagle Zhao, Presiden Direktur PT BYD Motor Indonesia.
Untuk memperkuat layanan purna jual, BYD kini memiliki 58 outlet resmi di seluruh Indonesia dan menargetkan lebih dari 100 outlet hingga akhir 2025, termasuk di kawasan tengah dan timur. Ekspansi tersebut mencakup pembukaan diler baru di Makassar, Kendari, Manado, dan Palu.
“Kami melihat Sulawesi sebagai pusat pertumbuhan strategis bagi kendaraan listrik di Indonesia. Ekspansi ini bukan sekadar langkah bisnis, tetapi komitmen menghadirkan mobilitas berkelanjutan yang inklusif dan mudah diakses oleh seluruh masyarakat,” tambah Eagle Zhao.
Untuk pertama kalinya, BYD tampil di GIIAS Makassar 2025, menghadirkan jajaran model andalan seperti BYD C-Line 7, BYD SEAL, BYD R21, dan BYD R23 Advanced Standard, serta lini mewah DENZA D-Line.
“Seluruh lini kendaraan yang kami tampilkan di GIIAS Makassar adalah representasi dari strategi BYD di Indonesia, menghadirkan solusi mobilitas berkelanjutan di semua segmen pasar, dari entry-level hingga luxury,” jelas Eagle Zhao.
BYD juga membuka test drive terbatas di arena pameran. Antusiasme pengunjung disebut tinggi, menandakan meningkatnya minat masyarakat Sulawesi terhadap kendaraan nol emisi.
“BYD ingin dikenal bukan hanya sebagai produsen kendaraan listrik, tetapi juga mitra masyarakat dalam membangun ekosistem mobilitas hijau di Indonesia,” ujar Luther Panjaitan, Head of Public and Government Relations PT BYD Motor Indonesia.
Dengan strategi ekspansi dan komitmen membangun jaringan nasional, BYD menegaskan perannya dalam mempercepat transisi menuju masa depan transportasi yang lebih bersih, cerdas, dan berkelanjutan di Indonesia.