Daihatsu Pertahankan Posisi Runner-Up Pasar Otomotif Nasional hingga Semester I 2025

Photo Author
- Jumat, 18 Juli 2025 | 16:35 WIB
Daihatsu Move.
Daihatsu Move.

OTO.VIRALNEWS.ID - Penjualan mobil di Indonesia sepanjang semester pertama 2025 tercatat mencapai sekitar 390 ribu unit.

Dari jumlah tersebut, Daihatsu mencatatkan kontribusi signifikan dengan penjualan ritel sebanyak 66.716 unit, atau menguasai pangsa pasar sebesar 17,1 persen.

Capaian ini tidak hanya menegaskan posisi Daihatsu sebagai merek mobil dengan penjualan terbanyak kedua secara nasional, tetapi juga memperkuat dominasi mereka di segmen kendaraan dengan harga di bawah Rp300 juta.

Di segmen tersebut, Daihatsu berhasil menggenggam pangsa pasar sebesar 34,5 persen.

Beberapa model andalan Daihatsu terus menjadi pilihan utama masyarakat. Daihatsu Sigra, misalnya, mencatat penjualan 20.612 unit dan mendominasi segmen LCGC MPV dengan share mencapai 57 persen.

Sementara itu, Gran Max Pick Up terjual sebanyak 18.023 unit, menyumbang 58 persen di segmen Pick Up Low.

Tak hanya itu, Gran Max Mini Bus juga mencatat dominasi luar biasa di pasar semi-komersial, dengan 6.423 unit terjual dan penguasaan segmen mencapai 90 persen.

Model lain seperti Luxio pun tak kalah berkontribusi, dengan penjualan 1.257 unit atau sekitar 60 persen di segmen Semi Bonnet.

Menurut Marketing Director dan Corporate Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Sri Agung Handayani, kontribusi terbesar terhadap penjualan Daihatsu datang dari empat model tersebut yang secara total menyumbang sekitar 70 persen dari keseluruhan penjualan ritel Daihatsu.

"Kami menyampaikan terima kasih setulus hati kepada seluruh pelanggan atas kepercayaan dan kesetiaan yang luar biasa, sehingga Daihatsu berhasil menjaga posisi di peringkat dua pasar otomotif nasional hingga pertengahan tahun ini," ujar Sri Agung dalam konferensi pers, Kamis (17/7/2025).

Ia menambahkan, pencapaian ini menjadi motivasi tersendiri bagi Daihatsu untuk terus menghadirkan produk berkualitas, memberikan layanan terbaik, serta memastikan kemudahan akses purna jual di seluruh wilayah Indonesia.

Menandai momen kemerdekaan Indonesia dan sebagai bentuk apresiasi terhadap konsumen, Daihatsu juga meluncurkan program spesial bertajuk Gebyar Merdeka: Bahagia Sejak Pertama.

Program ini berlangsung mulai 1 Juli hingga 30 September 2025 dan menawarkan berbagai hadiah menarik, mulai dari satu unit mobil modifikasi hasil kolaborasi dengan Gofar Hilman, sembilan unit sepeda motor, sembilan keping emas, hingga 45 voucher belanja.

Filosofi angka 1945 pada jumlah hadiah yang disiapkan terinspirasi dari tahun kemerdekaan Republik Indonesia. Selain itu, angka 17 yang identik dengan tanggal proklamasi juga menjadi simbol perjalanan panjang Daihatsu dalam mempertahankan posisi dua besar penjualan nasional selama 17 tahun berturut-turut.

Halaman:
Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel
di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizinĀ redaksi.

Editor: Rangga Viral News

Tags

Rekomendasi

Terkini

Jetour T2 Disambut Positif, SPK Tembus 700 Unit

Jumat, 19 Desember 2025 | 04:21 WIB
X