OTO.VIRALNEWS.ID - Volkswagen Tiguan 2025, generasi ketiga SUV kompak dari produsen mobil Jerman, merupakan peningkatan yang substansial. Tidak hanya lembaran logamnya yang baru, tetapi VW mengekstraksi tambahan 17 tenaga kuda dari mesin empat silinder dan mengurangi bobotnya 170 pound (sekitar 77,1 kg) dengan menggunakan material yang ringan.
Kini Volkswagen meningkatkan permainan Tiguan lebih jauh lagi, dengan memperkenalkan versi baru SUV kompak tersebut di pameran otomotif New York. Adalah VW Tiguan R-Line Turbo 2026 yang lebih bertenaga.
R-Line Turbo akan menjadi trim teratas untuk Tiguan mulai tahun model 2026, dan juga akan menjadi model SUV yang paling bertenaga. R-Line Turbo menggunakan mesin empat silinder 2.0 liter turbocharged yang ditemukan di jajaran Tiguan lainnya, tetapi menghasilkan 268 tenaga kuda dan torsi 258 pound-feet.
Itu merupakan peningkatan 67 hp dan 51-pound-foot dibandingkan dengan mesin empat silinder segaris Tiguan standar dan membuatnya lebih bertenaga daripada versi EA888 yang ditemukan di hatchback Golf GTI, yang hanya menghasilkan tenaga 241 hp di AS dan 261 hp di pasar Eropa.
Peningkatan performa ini berkat turbocharger yang lebih besar, yang memungkinkan tekanan dorongan lebih tinggi serta rasio 10.5-to-1 compression yang lebih rendah. Volkswagen mengatakan piston dan batang penghubung lebih kuat dan mesin memiliki poros engkol nitridasi, yang lebih baik untuk performa dan daya tahan. Mesin empat silinder juga mendapatkan pendinginan oli untuk piston dan pengangkatan katup variabel pada sisi intake dan exhaust.
Namun, Tiguan yang lebih bertenaga menggunakan bensin biasa dan berjalan pada siklus Miller demi penghematan bahan bakar. R-Line Turbo memadukan mesin 2.0 liter dengan transmisi otomatis delapan percepatan —yang dapat dikontrol secara manual melalui paddle shift yang dipasang di roda kemudi— dan penggerak semua roda standar. Volkswagen juga mengatakan model Turbo mendapatkan cakram rem yang lebih besar.
Model Turbo tidak mudah dibedakan dari Tiguan yang lebih rendah, tetapi memakai atap hitam standar, tutup spion hitam, dan velg aluminium alloy 20 inci. Lampu depan LED, di antara lampu depan dan lencana VW yang menyala bergema di bagian belakang dengan lampu belakang panjang dan logo yang menyala.
Interior R-Line Turbo dihiasi dengan material kelas atas seperti trim kayu kenari asli dan jok kulit berlapis Varenna, dengan kulit sapi cokelat yang memanjang ke dasbor dengan jahitan putih yang tampak berkelas. R-Line Turbo hadir dengan layar sentuh 15,0 inci yang lebih besar, dan bagian kabin lainnya identik dengan Tiguan, dengan kluster pengukur digital 10,3 inci di belakang roda kemudi tiga jari-jari.
Karena SEL R-Line Turbo merupakan model teratas dari jajaran Tiguan, ada banyak perlengkapan standar, termasuk bantalan pengisi daya wireless, sistem kontrol iklim otomatis tiga zona, dan sistem suara Harman Kardon 12 speaker. Kursi depan dapat disetel 12 arah, berpemanas dan berventilasi, serta memiliki fungsi pijat punggung penuh 10 titik. Roda kemudi juga berpemanas, begitu pula kursi belakang di bagian luar. Barang teknologi standar lainnya termasuk tampilan head-up dan pencahayaan ambient 30 warna.
Volkswagen Tiguan SEL R-Line Turbo 2026 akan mulai dijual musim gugur ini, dengan harga yang akan diumumkan mendekati saat mobil ini tiba di dealer. Sementara VW menawarkan model SEL R-Line untuk tahun 2025 dengan mesin 201 hp, varian ini akan dihentikan untuk tahun 2026 dan digantikan oleh SEL R-Line Turbo. Karena model Turbo akan menjadi trim teratas Tiguan, diperkirakan harganya sekitar $46,000 atau ekitar Rp. 774,3 juta. (Tons/Foto: VW)