autonews

Toyota Recall Alphard Produksi 2014–2022, Ini Komponen yang Dicek dan Cara Mengikutinya

Jumat, 18 April 2025 | 20:06 WIB
Toyota Alphard.

OTO.VIRALNEWS.ID - PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi mengumumkan program recall untuk Toyota Alphard produksi Desember 2014 hingga Desember 2022, serta khusus unit yang dibuat pada Agustus hingga Oktober 2020. Program ini merupakan bentuk kepedulian terhadap keamanan dan kenyamanan pelanggan dalam menggunakan kendaraan.

Ada dua komponen yang menjadi perhatian dalam penarikan kembali ini, yaitu front hood moulding dan alternator pulley. Keduanya dinilai berpotensi mengalami ketidaksempurnaan dan memerlukan pemeriksaan lebih lanjut.

"Toyota berkomitmen memberikan Total Mobility Solution, termasuk untuk kendaraan yang sudah lama beredar. Kami mengajak pemilik Alphard tahun tertentu untuk datang ke bengkel resmi agar bisa kami periksa dan, bila perlu, mengganti kedua komponen tersebut," kata Henry Tanoto, Vice President Director TAM dalam keterangan resminya.

Toyota menjelaskan, front hood moulding atau moulding kap mesin berpotensi terlepas dari posisinya dalam kondisi tertentu, jika struktur pemasangannya tidak cukup kuat. Proses pengecekan dan penguatan ulang bagian ini hanya memerlukan waktu sekitar 30 menit.

Sementara itu, pada alternator pulley, ditemukan potensi munculnya bunyi abnormal yang bisa menyebabkan penurunan daya listrik. Alternator sendiri bertugas menghasilkan energi untuk sistem kelistrikan mobil. Estimasi waktu pengecekan dan penggantian komponen ini sekitar satu jam.

Seluruh proses pemeriksaan dan penggantian komponen akan ditangani langsung oleh teknisi bersertifikat Toyota global, guna memastikan pekerjaan berlangsung cepat, tepat, dan aman.

TAM menegaskan bahwa pelanggan tidak akan dikenakan biaya alias gratis untuk seluruh rangkaian layanan ini. Namun, disarankan agar pelanggan melakukan booking service terlebih dahulu agar diler bisa mempersiapkan teknisi dan stall, serta menghindari antrean panjang.

Jap Ernando Demily, Marketing Director TAM, menyampaikan bahwa pelanggan bisa mengecek status mobil mereka dengan mudah. “Cukup kunjungi website https://www.toyota.astra.co.id/ssc, hubungi Customer Care di 1-500-315, atau chat dengan TARRA (Toyota Interactive Virtual Assistant) melalui WhatsApp di 0811-1500-315,” ujarnya.

Langkah ini, menurut Ernando, merupakan bagian dari tanggung jawab Toyota dalam menjaga kualitas produk dan memberikan peace of mind bagi para pelanggan setianya.

Tags

Terkini

Jetour T2 Disambut Positif, SPK Tembus 700 Unit

Jumat, 19 Desember 2025 | 04:21 WIB