OTO.VIRALNEWS.ID - Daihatsu mencatat penjualan retail sebanyak 56.715 unit sepanjang lima bulan pertama tahun 2025. Dengan angka ini, produsen mobil yang beroperasi di bawah PT Astra Daihatsu Motor (ADM) tersebut menguasai pangsa pasar sebesar 17,2 persen.
Tiga model unggulan masih menjadi tulang punggung penjualan Daihatsu. Sigra tetap menjadi penyumbang terbesar, mencatatkan penjualan sebanyak 17.823 unit atau sekitar 31 persen dari total penjualan.
LCGC tujuh penumpang ini memang belum tergoyahkan di segmennya, berkat harga yang kompetitif dan kapasitas angkut yang sesuai kebutuhan keluarga Indonesia.
Model berikutnya yang mencatat kontribusi signifikan adalah Gran Max Pick Up dengan total 14.849 unit atau 26 persen. Sementara Terios, SUV berpenggerak roda belakang (RWD) yang dikenal tangguh untuk berbagai medan, menyumbang 6.874 unit atau sekitar 12 persen.
Tak hanya mengandalkan performa produk, Daihatsu juga aktif mendekatkan diri kepada konsumen melalui program penjualan bertajuk Daihatsu Mid Deals.
Program ini berlangsung sejak 19 Mei hingga 30 Juni 2025, menawarkan berbagai kemudahan dalam membeli mobil baru, mulai dari skema pembiayaan fleksibel, bebas biaya administrasi, paket tukar tambah, hingga diskon spesial dan konsultasi gratis.
Di sisi purnajual, Daihatsu menghadirkan promo Parade Kinclongin, yaitu layanan perawatan menyeluruh dengan potongan harga hingga 30 persen untuk jasa perbaikan bodi, gratis poles seluruh bodi, dan diskon 25 persen untuk jasa servis AC. Promo ini berlaku di seluruh bengkel Astra Daihatsu sejak awal Januari hingga akhir Juni 2025.
Sementara untuk konsumen lama yang belum melakukan servis berkala selama lebih dari satu tahun, Daihatsu menawarkan program Daihatsu Reunion.
Dalam program ini, pelanggan bisa mendapatkan jasa servis mulai Rp100 ribu, promo beli dua gratis satu untuk oli Astra Shell, serta harga khusus untuk engine booster sebesar Rp350 ribu. Program ini digelar mulai 28 Mei hingga 20 Juni 2025 di seluruh jaringan bengkel Astra Daihatsu.
“Kepercayaan pelanggan adalah fondasi utama pencapaian kami hingga Mei 2025. Kami berkomitmen untuk terus menghadirkan berbagai program layanan menarik sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Semoga tahun ini pasar otomotif dapat terus bertumbuh,” ujar Tri Mulyono, Marketing and Customer Relations Division Head PT Astra International Tbk – Daihatsu Sales Operation.