Daihatsu, Mobil Yang Sering Alami Masalah. Solusinya? Ya Pilih Brand Yang Lebih Kredibel

Photo Author
- Minggu, 18 Mei 2025 | 11:06 WIB
Daihatsu Alya, sering bermasalah pada kelistrikan, aki hingga skandal uji kelayakan. (foto : adm)
Daihatsu Alya, sering bermasalah pada kelistrikan, aki hingga skandal uji kelayakan. (foto : adm)
 
 
 
OTO.VIRALNEWS.ID - Mobil Daihatsu menjadi salah satu brand yang sering mengalami banyak masalah. 
 
Masalah yang sering terjadi terkait sistem kelistrikan, khususnya aki, dan juga skandal uji keselamatan yang mengakibatkan recall beberapa model.
 
Beberapa model yang mengalami masalah adalah Rocky, Ayla, dan Xenia. 
 
Penyebab dan solusi masalah aki:
Penyebab:
 
Aki yang cepat habis atau kinerja yang menurun bisa disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk penggunaan yang tidak optimal, kondisi jalan yang buruk, atau masalah pada sistem pengisian
 
Solusi:
 
Periksa kondisi aki, kabel aki, dan sistem pengisian. Jika perlu, ganti aki dengan yang baru atau lakukan perbaikan pada sistem pengisian. 
 
Skandal uji keselamatan
 
Penyebab:
 
Skandal ini terjadi karena Daihatsu melakukan manipulasi data uji keselamatan pada beberapa model mobil, termasuk Rocky dan Ayla.
 
Solusi:
 
Daihatsu melakukan recall terhadap beberapa model mobil yang terkena dampak skandal ini. 
 
Pemilik mobil yang terkena dampak disarankan untuk membawa mobil ke bengkel resmi untuk pemeriksaan dan pemrograman ulang software ECU Engine. 
 
Model Daihatsu yang terkena recall:
 
Rocky 1.2 CVT: Produksi Juni 2021 - Juli 2024.
 
Ayla 1.2 CVT: Produksi Maret 2023 - Juli 2024.
 
All New Xenia: Masalah pada mur shock dan door beam sisi pengemudi. 
 
Tips untuk mencegah masalah pada mobil Daihatsu:
 
1.Periksa kondisi aki secara rutin.
 
2.Pastikan sistem pengisian berfungsi dengan baik.
 
3.Bawa mobil ke bengkel resmi untuk pemeriksaan rutin.
 
4.Lakukan perawatan yang tepat sesuai dengan rekomendasi pabrikan.
 
Penting untuk selalu memantau informasi terbaru mengenai recall atau masalah lainnya pada mobil Daihatsu dari sumber yang terpercaya seperti website resmi Daihatsu atau media otomotif terkemuka. 
 
Recall Ayla dan Rocky ECU Bermasalah

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) juga melakukan melakukan penarikan kembali atau recall terhadap unit Rocky dan Ayla di Indonesia. 

Hal itu menyusul pengumuman Toyota yang sebelumnya melakukan recall terhadap unit Raize dan Agya. Keduanya memiliki masalah yang sama, yakni pada komponen ECU.

Marketing Director dan Corporate Communication Director PT Astra Daihatsu Motor Sri Agung Handayani mengatakan, Daihatsu menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan.

“Kami berkomitmen memberikan kepuasan kepada pelanggan selama masa kepemilikan kendaraan dengan mengundang pelanggan Daihatsu Rocky dan Ayla tahun produksi tertentu yang masuk dalam daftar program ini untuk dapat melakukan pemeriksaan dan pemrograman ulang ECU bengkel resmi Daihatsu," ujar Sri Agung, dikutip Selasa (4/3/2025) dari bisnis.com.

Adapun, model Daihatsu yang terkena recall yakni Rocky 1.2 CVT produksi Juni 2021 – Juli 2024, dan Ayla 1.2 CVT produksi Maret 2023–Juli 2024 disarankan untuk datang ke bengkel resmi terdekat agar dapat melakukan pemeriksaan dan pemrograman ulang software ECU Engine.

Lebih lanjut dia mengatakan, langkah ini dilakukan untuk menghilangkan potensi malfungsi yang mungkin dapat terjadi pada kondisi tertentu, yakni pedal rem terasa lebih berat dan keras dari biasanya, sehingga jarak pengereman menjadi lebih panjang dari seharusnya. 

Sebagai komponen elektronik, ECU berfungsi mengontrol berbagai sistem pada kendaraan, salah satunya booster rem yang mengatur kinerja pengereman agar lebih optimal selama berkendara.

"Layanan ini gratis tanpa dipungut biaya apa pun dengan estimasi waktu pengerjaan yang berlangsung sekitar 1 jam tanpa perlu penggantian komponen apapun," jelasnya.

Cara Mengecek Status Recall

Bagi para pengguna Daihatsu Rocky dan Ayla yang ingin melakukan pengecekan status apakah unitnya terdampak recall atau tidak, maka dapat menghubungi jaringan bengkel resmi Daihatsu terdekat. 

Pelanggan juga dapat mengunjungi situs resmi www.daihatsu.co.id/ssc dengan memasukkan nomor rangka kendaraan, atau menghubungi Daihatsu Access di nomor telepon 1-500-898.

Tak hanya itu, Daihatsu secara aktif menginformasikan program ini kepada pelanggan melalui berbagai saluran komunikasi, seperti menghubungi pelanggan secara langsung via telepon, informasi melalui situs resmi Daihatsu, serta media massa.

Daihatsu merekomendasikan pelanggan yang mobilnya masuk dalam daftar program ini untuk dapat melakukan booking service terlebih dahulu agar proses penanganan lebih maksimal karena telah terjadwal dan tidak perlu menunggu terlalu lama.(tim otoviral)

Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel
di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizinĀ redaksi.

Editor: Rama Pratama

Tags

Rekomendasi

Terkini

Jetour T2 Disambut Positif, SPK Tembus 700 Unit

Jumat, 19 Desember 2025 | 04:21 WIB
X