OTO.VIRALNEWS.ID, Sepang - Ducati kembali mencuri perhatian para penggemar dengan inovasi terbarunya di ajang MotoGP.
Kali ini, bukan hanya motor GP25 yang dikendarai oleh Marc Marquez dan Pecco Bagnaia yang menjadi sorotan, tetapi juga versi eksperimental yang diuji oleh test rider berpengalaman, Michele Pirro.
Pirro mendapat kesempatan untuk menguji komponen terbaru sejak sesi Shakedown hingga tes resmi di Sepang, termasuk bagian buntut merah yang menjadi perbincangan.
Tim aerodinamika Ducati di Borgo Panigale, yang bekerja sama dengan terowongan angin Dallara di Varano de' Melegari, telah merancang bagian belakang motor dengan desain runcing dan ekstrem. Bagian depan motor juga terlihat lebih mengecil dengan bentuk segitiga.
Selain itu, terdapat dua penutup putih di setiap sisi yang dirancang untuk mengoptimalkan aliran udara.
Efektivitas komponen baru ini tergantung pada posisi motor saat melaju. Ketika motor dalam posisi miring penuh, dua flap berbentuk V yang ada di ekor akan berfungsi secara dinamis: flap di sisi dalam menjadi horizontal untuk meningkatkan daya tekan, sementara flap di sisi luar bergerak vertikal untuk membantu stabilitas.
Inovasi terbaru yang diuji adalah dua elemen tambahan di bawah dua profil utama, dibuat dengan teknologi prototipe cepat. Elemen ini dirancang untuk mengalami modifikasi lebih lanjut berdasarkan data yang dikumpulkan selama pengujian di Malaysia.
Hasil awal pengujian menunjukkan tanda-tanda positif, sehingga pada hari kedua tes di Sepang, Marquez dan Bagnaia juga turut mencoba solusi aerodinamika ini. Salah satu fitur menarik adalah desain "sendok" di bagian ekor, yang memiliki dua elemen sayap dengan celah pemisah di antaranya.
Ducati, yang telah mendominasi MotoGP dalam beberapa musim terakhir, terus berupaya mempertahankan keunggulannya dengan berbagai pengembangan baru.
Tim teknis dan para pembalap bekerja sama untuk mengoptimalkan aerodinamika motor, memastikan bahwa setiap detail dapat memberikan keuntungan maksimal di lintasan dan menjaga jarak dari para pesaingnya.