balap-mobil

Regulasi Kejurnas ITCR dan TCR 2025 Ketat, Profesional, dan Siap Dorong Kompetisi Nasional

Selasa, 21 Oktober 2025 | 20:48 WIB
Sejumlah mobil balap telah tiba di sirkuit Mandalika Lombok untuk mengikuti rangkaian Mandalika Festival of Speed 2025 rd 3

OTO.VIRALNEWS.ID - Ajang Kejurnas Balap Mobil Indonesia Touring Car Race (ITCR) dan non-Kejurnas Touring Car Racing (TCR) kembali menjadi sorotan utama di musim balap 2025.

Kedua kategori ini menjadi fondasi penting bagi pengembangan dunia touring car nasional, dengan regulasi teknis yang disusun ketat oleh Ikatan Motor Indonesia (IMI).

Tujuannya jelas: menjaga keadilan, keselamatan, dan profesionalisme di setiap putaran balapan.

Menurut Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Priandhi Satria, penyelenggaraan Kejurnas ITCR dan TCR di Mandalika bukan hanya soal kompetisi adu cepat di lintasan, tetapi juga wadah pembinaan dan pengujian kemampuan teknis tim-tim balap nasional.

“Kelas Kejurnas ITCR dan Non-Kejurnas TCR adalah pilar penting dalam pembinaan pembalap dan teknisi otomotif Indonesia. Regulasi yang rinci dan pengawasan ketat memastikan semua peserta berkompetisi secara adil, profesional, dan aman,” ujar Priandhi.

Struktur dan Kelas Balapan

Kejurnas ITCR 2025 terbagi 3 kelas, yaitu ITCR 1200/N Production, ITCR 1500/N Production, ITCR 3600/Max, serta TCR (Touring Car Racing).

Tiga kelas pertama masuk dalam kategori Kejuaraan Nasional (Kejurnas), sementara TCR berstatus non-kejurnas dengan regulasi teknis mengacu pada standar homologasi FIA.

Setiap kelas juga membuka kategori pembalap Non Seeded, Seeded B, dan Seeded A, dengan sistem poin dan format Superpole yang memberikan tambahan satu poin bagi pembalap tercepat di sesi kualifikasi.

ITCR 1200/N Production

Kelas ITCR 1200/N Production diperuntukkan bagi mobil produksi massal berkapasitas mesin hingga 1.200 cc, dengan usia kendaraan tidak lebih dari lima tahun sejak tahun penyelenggaraan.

Modifikasi yang diperbolehkan bersifat terbatas, seperti ECU remapping atau penggunaan komponen non-genuine, sepanjang spesifikasinya sesuai dengan aslinya.

Bobot minimal kendaraan ditetapkan 1000 kilogram, dan semua mobil wajib menggunakan ban radial non-slick berukuran minimal 195/40R15 dengan nilai treadwear di atas 200.

Setiap peserta hanya dapat menggunakan maksimal enam ban selama satu putaran lomba. Kelas ITCR 1200 juga diwajibkan menggunakan bahan bakar RON 98, sesuai ketentuan IMI.

Halaman:

Tags

Terkini