OTO.VIRALNEWS.ID – TOYOTA GAZOO Racing Indonesia (TGRI) membuka penampilan pertama di balap regional musim 2025 dengan menguasai Kelas GT4 back-to-back di gelaran Japan Cup 2025 seri pertama dan kedua di Sportsland Sugo Circuit Jepang, Jumat–Minggu (13-15/6/2015).
Pembalap TGRI Haridarma Manoppo (Indonesia) dan Seita Nonaka (Jepang), kembali berada di balik kemudi race car GR Supra GT4 Evo 2 yang mendapatkan beberapa sentuhan teknis dibanding musim lalu.
“Selamat kepada TOYOTA GAZOO Racing Indonesia (TGRI) yang berhasil membuka musim balap 2025 dengan double podium pertama lomba Grand Touring Jepang untuk kembali mengharumkan nama bangsa di kancah balap touring regional. Pembalap TGRI Haridarma Manoppo dan Seita Nonaka, bertarung flat-out dengan mobil balap GR Supra GT4 Evo 2, sehingga mendominasi kedua seri pembuka Japan Cup 2025. Semoga prestasi keduanya dapat terus dipertahankan dengan target mendapatkan gelar juara pertama pembalap dan tim Japan Cup 2025,” jelas Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Jap Ernando Demily.
Improvement pada GR Supra GT4 Evo 2
Bagian dari GT World Challenge Asia (GTWCA) 2025, TGRI berlaga di event yang khusus diselenggarakan di Jepang yakni Japan Cup 2025 di kelas GT4, yang akan berlangsung dalam 8 seri kejuaraan back-to-back.
Balap touring car kelas GT4 menggunakan mobil balap buatan pabrikan yang tersedia untuk umum dan dimodifikasi sesuai regulasi sehingga seluruh peserta memiliki level performa yang setara.
Toyota GR Supra GT4 Evo 2 dilengkapi mesin 3.000 cc 6-silinder single twin-scroll turbocharger yang sudah diupgrade performanya oleh GR sehingga menghasilkan tenaga 430 dk dan torsi 650 Nm.
Secara khusus, sistem rem ABS telah disetel ulang melalui pengujian oleh pembalap-pembalap di sirkuit di Jepang dan Eropa yang memungkinkan pengereman dan manuver di tikungan yang optimal berdasarkan jenis dan keausan ban serta kondisi lintasan.
Waktu perpindahan gigi ke bawah (downshift) telah dikurangi dengan menyempurnakan setelan putaran mesin melalui pembaruan software, sehingga meningkatkan kontrol deselerasi selama pengereman untuk menjaga kecepatan menikung.
Selain meningkatkan performa pendinginan mesin, rem, dan drivetrain, suhu kokpit telah dioptimalkan untuk membuat pembalap merasa lebih nyaman dan mobil lebih mudah dikendarai bahkan dalam kondisi yang sulit.